Tips Sengon Solomon Tumbuh Bongsor

Tips Sengon Solomon Tumbuh Bongsor

Diantara pogon sengon yang pertumbuhannya paling cepat adalah jenis sengon Solomon.Pada umur 5 tahun sengon solomon bisa dipanen dengan diameter antara 40-50 cm. Dibandingkan dengan sengon laut lokal, pada umur 7 tahunan baru berdiameter sekitar 35 cm. Padahal biaya perawatan dan perlakuan sama antara sengon solomon dan sengon lokal.

Agar sengon solomon tumbuh lebih cepat maka perlu diberikan pupuk kandang 5 kg tiap lubang pada awal masa tanam. Pemberian pupuk kandang berikutnya pada saat sengon berumur 3 bulan yaitu satu gelas pupuk ponska yang diberikan tiap 3 bulan sekali selama 3 tahun. Memasuki tahun keempat pohon sengon tidak perlu untuk dipupuk hanya butuh perawatan seperti penjarangan. Penjarangan dipilih yang diameter cukup besar sehingga sudah laku dijual.

Pertumbuhan sengon solomon

Pertumbuhan sengon solomon terlihat lebih besar sejak awal tumbuh. Sebagai pembanding antara sengon solomon dan sengon lokal yang sama-sama ditanam di lahan dengan umur yang sama, sengon solomon sudah mencapai diameter 12-18 cm sedangkan sengon laut masih berdiameter 8-10 cm. Sekitar 2 tahun kemudian pada saat sengon berumur 5 tahun,diameter sengon solomon mencapai  35 cm sedangkan sengon lokal sekitar 20 cm.

Di daerah Kediri, pertumbuhan sengon solomon mencapai 24 cm sementara sengon lokal 2 cm. Pada umur 2 tahun diameter sengon solomon 8 cm dan tinggi 16 m sedangkan diameter sengon lokal  7cm dan tinggi 12 m. Di lihat dari perbedaanya memang tidak terlalu signifikan hal tersebut dipengaruhi dari kesuburan tanah dan lain-lain.

Pada umur 3 tahun diameter pohon solomon mencapai 10 cm dan tinggi 19 cm. Sedangkan sengon lokal berdiameter 8 cm dan tinggi 16 cm. Sekilas selisih hanya sedikit namun tinggi berbeda 3 meter. Pada umur 6 tahun, sengon solomon belum berbuah. Padahal sengon lokal pada umur 4 tahun sudah mulai berbuah. Itulah yang menjadikan harga benihsengon lebih mahal karena pembuahannya tidak secepat sengon lokal.

Sengon solomon asli sulit dibedakan

Keistimewaan yang dimiliki oleh sengon solomon menyebabkan banyak penjual yang menyediakan benih pohon sengon. Jika kita tidak hati-hati maka kita dapat tertipu karena sulit membedakan bibit sengon solomon dengan sengon lokal super. Apalagi ketersediaan benoh sengon solomon di Indonesia masih terbatas.

Cara relatif aman agar pekebun tak tertipu saat mencari sengon solomon adalah membeli dalam bentuk benih alias biji, bukan bibit. Benih sengon solomon berukuran lebih besar dan lebih berat daripada benih sengon lokal. ”Panjang benih sengon lokal rata-rata 4-5 mm sementara solomon hampir 2 kali lipat: 8-9 mm,” tutur Eko. Oleh karena itu, benih solomon pun lebih berat. Setiap kg benih sengon lokal rata-rata terdiri atas 40.000 biji, sementara solomon hanya sekitar 25.000 biji.

Selain itu, usahakan membeli benih bersertifikat untuk menghindari penipuan. Menurut Agus, saat tanaman sudah besar, perbedaan juga bisa diamati pada daunnya. Berdasar pengamatannya, daun solomon lebih lebar dan hijau muda sementara daun sengon lokal cenderung lebih kecil dan warna hijaunya lebih pekat. (Tri Susanti)

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Sengon, Pohon Sengon, Kayu Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: