Memilih Pohon Sengon untuk Pemanfaatan Lahan

Memilih Pohon Sengon untuk Pemanfaatan Lahan

Pohon sengon merupakan tanaman yang dapat tumbuh disebaran iklim yang luas. dengan cirikhas pertumbuhannya yang cepat, dengan daya hidup yang tinggi sebab kultur perakaran yang menghunjam kedalam dan melebar kesamping. Antara besaran batang dan besaran akar hampir seimbang. Dengan akar tunggang serta batang yang berbentuk bulat. Kulit berwarna putih serta daun sengon yang bentuknya menyirip dan mudah rontok. Dengan buah yang berbentuk pipih yang panjangnya sekitar6-12 cm, berisi 15-30 biji. Biji yang sudah tua berwarna cokelat kehitaman, agak keras dan berlilin.

Pohon sengon merupakan salah satu tanaman yang serba guna karena mulai dari daun hingga akarnya memiliki fungsinya masing-masing. Seperti daun sengon sebagai pakan ternak yang cukup baik karena mengandung protein tinggi. Sistem perakaran yang mengandung nodul akar sebagai hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium yang dapat meningkatkan porositas dan penyediaan unsur nitrogen dalam tanah. Namun dilihat dari segi manfaatnya batang sengonlah yang memiliki manfaat yang paling besar dengan harga yang cukup tinggi yang banyak diusahakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu sebagai pembuat bahan baku pembuat peti, papan penyekat, pengecoran semen dalam konstruksi dan berbagai keperluan lainnya.

Sebagian besar para petani memang memanfaatkan lahan untuk penanaman padi, memang untuk dapat menikmati hasilnya memang lebih cepat, akan tetapi untuk hasilnya terkadang kurang memuaskan yang disebabkan oleh berbagai hal seperti ketersediaan air yang kurang sehingga hasil yang didapatkannya pun kurang optimal.

Sedangkan dalam penanaman pohon sengon, memang untuk menikmati hasilnya berbeda dengan tanaman sejenis padi, yang lebih cepat untuk menikmati hasilnya namun saat ini banyak yang menanam pohon sengon sebagai investasi untuk masa depan karena daya jualnya yang tinggi dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Pohon sengon sebagai tanaman hutan yang dapat ditanam dilahan pertanian turut mendorong para petani untuk memanfaatkan lahannya untuk menanam pohon sengon. dengan mempertimbangkan berbagai hal, sebab pohon sengon termasuk jenis tanaman yang memiliki usia hidup yang tinggi. Selain itu dibandingkan pohon besar lainnya, pohon sengon pun lebih cepat untuk dapat dinikmati hasilnya dengan jenis kayu yang mudah dan kering dan mudah digergaji sehingga sampai saat ini kayu sengon masih menjadi primadona dalam dunia perkayuan di Indonesia.

P_20160807_130636

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Lahan Pertanian, Pemanfaatan Lahan, Penanaman Pohon Sengon, Pemanfaatan Kayu Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: