Pengaruh Tanah Berpasir dan Rendah Asam Pada Tanaman Sengon

Pengaruh Tanah Berpasir dan Rendah Asam Pada Tanaman Sengon

Dalam menanam pohon atau tanaman, pertumbuhan tanaman sangat dipengaruhi oleh tekstur tanah. Tekstur tanah mempunyai kemampuan dalam menahan air dan unsur hara yang terkandung di dalamnya. Pada tekstur tanah berpasir akan menyebabkan rendahnya kemampuan dalam mengikat air dan unsur hara. Jadi meskipun kita melakukan pemupukan secara berkala namun akan mudah hanyut kala hujan deras. Kondisi ini akan diperparah jika kandungan asam cukup rendah sehingga kandungan unsur hara yang terkandung di dalamnya akan kurang seimbang.

Pada kondisi tanah asam akan menyebabkan terganggunya perkembangan perakaran tanaman karena adanya hambatan fisik tanah. Pada tanah asam, konsentrasi Al (aluminium) cukup tinggi sehingga menghambat pembelahan sel pada ujung akar sehingga fungsi akar dalam menyerap air dan unsur hara menjadi terganggu.

Dengan berbagai kendala seperti terganggunya akar dalam menyerap air dan unsur hara, kemampuan tanah yang rendah dalam mengikat unsur unsur hara dan air dan ketersediaan unsur hara yang kurang seimbang menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman.

Pada tanaman yang kekurangan zat besi (fe) gejalanya nampak pada bagian tanaman yang masih muda. Pada tulang daun terjadi perubahan warna dari kehijauan menjadi kekuningan atau agak keputihan. Jika gejala tersebut berkelanjutan maka tidak bisa menutup kemungkinan tanaman tersebut akan mati. Setiap tanaman membutuhkan proses fotosintesis demi kelangsungan hidupnya. Jadi jika ada gangguan pada pembentukan hijau daun maka akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Maka untuk tanaman sengon jika di tanam di tanam pada tanah yang bertekstur pasir dan asam serta kekurangan unsur Mn, Mo dan Fn maka akan mengakibatkan beberapa hal:

  1. Terganggunya proses fotosintesis

Berkurangnya unsur Mn akan mempengaruhi proses fotosintesis dimana unsur Mn sangat penting dalam fase fotolisis. Dengan adanya kekurangan unsur Fe maka akan terganggu pada penyusunan klorofil. Sedangkan klorofil merupakan syarat terjadinya fotosintesis. Sehngga dengan kekurangan unsur Fe proses fotosintesis akan terhambat.

  1. Terganggunya proses penyerapan unsur hara

Tekstur tanah yang berpasir akan berpengaruh langsung pada terganggunya sistem perakaran. Dimana akar berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan air. Tanah yang berpasir menunjukkan rendahnya kemampuan tanah dalam mengikat unsur hara dan air.

  1. Terganggunya fotosintesis dan penyerapan unsur hara dan air maka berdampak pada terganggunya pertumbuhan tanaman sengon.

Dengan demikian tanah yang berpasir dan rendah asam kurang cocok bila di tanami berbagai jenis pohon sengon karena mempunyai resiko kematian yang cukup besar. Sehingga bila ingin menjadikan lahan sengon membutuhkan biaya yang sangat banyak dan cukup waktu agar tanah tersebut dapat diolah.

Tanah yang mempunyai pH yang rendah dapat diberikan kapur seperti dolomit untk menetralkan kandungan asam yang rendah. Setelah itu tanah perlu di bajak (dicangkul) agar kapur dan tanah bercampur rata. Lahan tersebut perlu didiamkan selama minimal 2 minggu untuk memberikan kesempatan kapur terserap ke dalam tanah.

Untuk menunjang kekurangan unsur hara perlu diberikan pupuk kandang, pupuk kompos atau pupuk urea sesuai dosis yang dianjurkan. Pemberian kapur jangan berdekatan dengan waktu penanaman agar kapur tercampur rata dan menyerap dalam tanah. Di samping itu perlu pemberian pupuk untuk memenuhi kekurangan unsur hara dalam tanah.

Setelah semuanya siap, barulah kita dapat menanam lahan tesebut dengan jenis tanaman lain terlebih dahulu. Setelah tanaman pendukung telah tumbuh dan berumur beberapa minggu, barulah kita dapat menanam dengan pohon sengon.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Sengon, Kayu Sengon, Pohon Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: