Harga Kayu Sengon Pada Tahun 2016

Harga Kayu Sengon Pada Tahun 2016

Seperti halnya kayu jenis lain, kayu sengon mengalami peningkatan harganya dari waktu ke waktu. Banyaknya permintaan dari perusahaan atau masyarakat terhadap kebutuhan kayu sengon menyebabkan harga kayu sengon beranjak naik. Jika di masyarakat umumnya menjual dalam hitungan per pohon maka untuk perusahaan mereka membeli dalam bentuk gelondongan atau per meter kubik. Disinilah peran seorang perantara dalam menentukan harga dan memprediksi jumlah kubik dalam satu pohon.

Untuk harga per pohon bervariasi tergantung daerah dan besaran pohon yang diperjual-belikan. Semakin besar diameter dan lurus bentuk pohonnya maka akan semakin mahal. Di daerah Sleman Yogyakarta  untuk harga pohon sengon yang telah berumur kira-kira 5 tahun dihargai sekitar 1 jutaan. Harga tersebut berbeda di bandingkan dengan kayu sengon yang ada di daerah Gunungkidul Yogyakarta yang ternyata harganya lebih murah lagi. Faktor geografis dan transportasi menjadi salah satu penyebabnya.

Kayu Sengon

Kayu Sengon

Untuk harga sengon pada tahun 2016 ini di bedakan berdasarkan ukuran diameter dan panjang kayu sengon. Untuk diameter 20-24 cm, dengan panjang 100 cm harganya sekitar 800 ribu. Sedangkan bila diameter 30-39 cm dan panjang 200 cm maka harganya 910 ribu. Bila diameter 50-59 cm dan panjang 300 cm maka harganya bisa mencapai 1 juta lebih. Untuk itu pembelian per pohon lebih murah di bandingkan kita membeli dalam hitungan kubik atau hitungan per log.

Untuk harga sengon yang dijual per log mempunyai harga yang berbeda. Jika panjang log sekitar 105 cm dengan diameter 25 cm ke atas maka harganya 1 juta lebih. Sedangkan jika panjang log sekitar 205 cm dan diameter 25-29 cm harganya Rp1,100,000. Diameter 30-39 cm harganya Rp1,200,000. Diameter  40-49 cm harganya Rp1,300,000.  Untuk diameter 50 cm ke atas harganya Rp1,400,000.

Harga sengon diprediksi akan terus mengalami kenaikan karena permintaan kayu sengon yang terus bertambah sementara lahan untuk penanaman pohon sengon mengalami penyusutan karena banyak lahan di alih fungsikan menjadi pemukiman atau menjadi lahan produktif lainnya.

Kayu sengon banyak dibutuhkan pada bidang industri, rumah tangga, konstruksi dan mebel. Untuk konstruksi, sengon banyak di butuhkan untuk konstruksi bangunan seperti  untuk papan cor beton, usuk, reng dan masih banyak lagi. Sedangkan pengusaha mebel sering menjadikan kayu sengon sebagai bahan baku pembuatan meja, kursi, tempat tidur, kusen, pintu, jendela, lemari dan aneka peralatan untuk menunjang edukasi di sekolah-sekolah. Untuk bidang industri, kayu sengon banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pulp, kotak peti kemas, bahan utama korek api dan masih banyak lagi.

Kayu Sengon

Kayu Sengon

Kayu sengon dipiliha karena mempunyai berbagai kelebihan jika dibandingkan jenis kayu lainnya seperti kayu jati atau kayu mahoni atau besi. Kayu sengon dari bahan mudah dibentuk menjadi berbagai macam kebutuhan, mudah di paku, mudah kering, tidak gampang pecah, harganya cukup kompetitif dan lebih mudah di dapatkan. Sementara kayu lain memang kualitas lebih bagus hanya saja harganyapun jauh lebih mahal. Pertumbuhannya yang lama menyebabkan jati lebih sulit ditemui. Di samping itu mempunyai berat yang lebih sehingga tidak praktis digunakan untuk berbagai keperluan.

Harga kayu sengon di tiap daerah memang bervariasi. Biasanya para petani menjual dalam bentuk hitungan per batang. Para pemborong biasanya yang menentukan harga dan mencari tenaga untuk memotong dan menyediakan transportasi untuk mengirimkan ke pemesan. Sehingga sangat wajar jika harga jauh lebih rendah bila dibandingkan di toko bahan bangunan yang dijual dalam bentuk jadi.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Sengon, Pohon Sengon, Kayu Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon 2016

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: