Budidaya Sengon dengan Cara yang Sederhana

Budidaya Sengon dengan Cara yang Sederhana

Budidaya sengon mulai banyak dikembang kan oleh petani dan pemilik lahan sebagai investasi yang menguntungkan. Sebagai lahan investasi sengon dinilai cukup menguntungkam karena harganya yang cukup tinggi, cara memasarkan mudah, dapat dipanen dalam waktu sekitar 5 tahun dan kemudahan dalam mendapatkan bibit sengon. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk dapat meningkatkan pendapatan dari sektor kayu keras.

Pemerintah sendiri menganjurkan penanaman bibit sengon untuk tujuan penghijauan kembali lahan perkebunan atau perbukitan agar terhindar dari erosi.

Untuk dapat menanam pohon sengon ada beberapa tahapan yang perlu kita ketahui

  1. Lahan yang akan digunakan untuk menanam pohon sengon

Lahan untuk menanam sengon diusahakan yang subur dan dekat dengan sumber air. Memang sekarang sudah ada bibit sengon solomon yang bisa tumbuh di lahan yang gersang dan lebih sedikit mengandung air. Untuk lahan yang berkapur juga sebenarnya bisa ditanami dengan sengon, hanya saja perlu perlakuan khusus seperti pemberian kapur dan pemberian pupuk kandang dalam jumlah yang cukup sebelum ditanami sengon.

  1. Bibit sengon yang berkualitas

Sengon di Indonesia terdiri dari beberapa jenis yaitu sengon buto (abang), sengon tekik, sengon purworejo, sengon laut atau sengon morotai dan sengon solomon. Masing-masing jenis mempunyai ciri khas dan dari jenis tersebut yang paling unggul adalah jenis sengon solomon.

Sengon solomon mempunyai pertumbuhan yang paling cepat, berbatang lurus, diameter besar dan dapat dipanen pada umur 5 tahun, lebih tahan terhadap serangan hama dan dapat tumbuh di lahan yang lebih tandus.

Ciri-ciri bibit yang bagus adalah berumur 6-8 bulan, tinggi bibit sekitar 40 cm, segar dan tidak ada hama.

  1. Pembuatan lubang tanaman

Setelah lahan yang akan kita siap, tiba saatnya kita untuk membuat lubang yang berukuran 40x40x40 cm.

Kayu Sengon

Kayu Sengon

  1. Jarak tanaman

Dalam menanam pohon sengon perlu diperhatikan adalah jarak tanaman. Jarak sangat mempengaruhi hasil panen karena bila terlalu dekat pohon pertumbuhan akan kerdil sedangkan bila terlalu jauh jaraknya maka dalam satu area hanya sedikit pohon sengon yang dapat di tanam. Untuk lubang dapat diberi jarak sekitar 3×3 meter atau 3×2 meter. Pembuatan lubang sebaiknya dilakukan dilakukan 3 bulan sebelum waktu penanaman pohon.

  1. Penanaman pohon sengon

Kita dapat melakukan penanaman pohon sengon setelah terlebih dahulu membuka polybag. Bibit yang telah dipisahkan dari polybag bisa langsung dimasukkan ke dalam lubang tanaman.

Perawatan pohon sengon

Pohon sengon yang telah ditanam perlu dilakukan perawatan yang maksimal agar menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

Pemupukan

Pemupukan dapat kita lakukan minimal 3 bulan sekali. Pemupukan dapat terus kita berikan hingga umur sengon 3 tahunan. Untuk sengon yang berumur 3 – 6 bulan, pupuk yang diberikan cukup segenggam tangan untuk masing-masing pohon.

Pupuk yang diberikan bisa pupuk jenis Urea, phonska, ZA dan NPK. Pupuk kandang juga bisa diberikan. Bila lebih suka yang praktis dengan cara di semprot bisa menggunakan pupuk organik.

Mendangir (membersihkan ) rerumputan yang ada disekitarnya

Pendakiran dilakukan sebelum kita melakukan aktivitas pemupukan. Jadi pupuk yang kita berikan dapat diserap secara maksimal oleh tanaman sengon.

Untuk aktivitas pembersihan ini, dilakukan sekurang-kurangnya 3 bulan sekali.

Pengairan

Pengairan juga perlu diperhatikan agar tanaman sengon tidak kekurangan suplai air. Untuk jenis sengon solomon relatif lebih tahan terhadap lahan yang kekurangan air atau suplai air berkurang. Namun untuk sengon butho, sengon tekik dan sengon laut mempunyai ketergantungan cukup tinggi pada ketersediaan air.

Menyemprot menggunakan pestisida

Kita juga perlu menyemprot menggunakan pestisida agar sengon dapat terhindar dari berbagai hama. Seperti kita ketahui, sengon terkadang diserang hama ulat kayu dan karat puru. Saat sengon diserang ulat kayu maka ulat menyerang bagian dalam pohon sengon sehingga sengon akan mudah patah dan bisa menyebabkan kematian. Jika sengon yang mengalami ulat kayu masih kecil, diusahakan langsung dicabut dan dikubur agar tidak menular ke pohon sengon yang lain.

Penyulaman

 Pohon yang telah mati perlu diganti dengan yang baru. Metode tersebut dinamakan penyulaman.

Penyulaman dilakukan untuk mengganti pohon sengon yang mati atau yang pertumbuhan dibawah rata-rata. Penyulaman sebaiknya dilakukan pada saat sengon berumur masih muda agar pertumbuhannya tidak terlalu jauh dengan sengon yang lain.

Pemangkasan

Jika pohon sengon telah beranjak besar, maka kita perlu melakukan pemangkasan agar pohon dapat tumbuh keatas. Dengan utmbuh keatas, maka batang pohon sengon akan bertambah tinggi dengan diameter batang yang semakin besar.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita menanam pohon sengon. Dengan proses pemilihan benih yang bagus, perawatan pada masa pertumbuhan, pemberian pupuk dan pemeliharaan pohon sengon secara berkelanjutan maka akan menghasilkan pohon sengon yang berkualitas. Di samping itu untuk penghematan perlu di lakukan teknik tunggul atau coppies dimana kita bisa menggunakan satu bibit untuk beberapa kali panen.

Caranya cukup sederhana yaitu pada saat panen perdana, potong batang sengon dengan sudut 45 derajat pada ketinggian 10 cm di atas permukaan tanah. Dengan begitu akan tumbuh tunas baru pada bekas batang sengon tersebut yang dapat kita panen 3 tahun kemudian. Setelah kita memanen dengan sistem tunggul tersebut, kita dapat menggunakan metode yang sama untuk dapat memanen sengon untuk ketiga kali dan seterusnya. Jadi bibit sengon dapat digunakan untuk 3 – 4 kali panen pohon sengon. Cukup mengurangi pengeluaran dan yang pasti lebih cepat dipanen karena dalam waktu 3 tahun sudah dapat dipanen. Untuk biaya perawatan juga lebih bisa ditekan.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 085 748 491242

Kata Terkait: Sengon, Pohon Sengon, Kayu Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Budidaya Sengon Sederhana, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: