Membibitkan Sengon dengan Teknik Modifikasi Akar

Membibitkan Sengon dengan Teknik Modifikasi Akar

Sampai saat ini kebutuhan kayu memang tidak pernah surut mengingat banyaknya manfaat sebagai bahan baku furniture, kertas hingga peti kemas. Maka dari itu pemilihan bibit yang baik dalam penanaman perlu dilakukan agar saat sudah dinikmati hasilnya kayu yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang bagus.

Dalam pembibitan pohon sengon memang lebih baik bila dihasilkan dari perbanyakan biji daripada vegetatif (non-biji). Dalam pembibitan sengon dapat dilakukan pada daerah dengan kisaran tinggi 0-1000 mdpl,optimal pada suhu 18-27⁰C dan ph 6-7.

Langkah-langkah pembibitan sengon dengan modifikasi akar adalah sebagai berikut

  1. Melakukan pemiihan tanaman induk. Kriteria pohon yang dijadikan tanaman indukan, yaitu tinggi, besar, lurus dan masih muda pada usia dibawah 15 tahun dengan diameter batang 1,5 m.
  2. Dalam satu tahun buah sengon dapat dipanen satu kali sekitar April-Juli
  3. Saat biji sudah didapat, kemudian mempersiapkan media tanam berupa pasir. Semai biji yang berisi media tanam, semprot dengan air selama 7 hari. seleksi pertama dapat dilakukan dengan memilih kecambah yang tingginya mencapai 3 cm selama 7 hari.
  4. Kecambah yang sudah dipilih kemudian dipindahkan kedalam polibag yang ditutup sungkup plastik. polibag yang digunakan berdiameter 5 cm berisi media tanam berupa campuran yang terbuat dari kotoran sapi, pasir, tanah merah dan tanah hitam dengan perbandingan 1:1:2:2 sebelum tanam.

Lalu bagaimana cara melakukan teknik modifikasi akar?
Hal tersebut dapat dilakukan dengan memotong akar kecambah kemudian dicelupkan kedalam hormon pemacu pertumbuhan akar misalnya Rootone-F. Perlakuan ini membuat akar tunggang yang tadinya hanya ada 1 menjadi lebih banyak yang nantinya menyerap nutrisi lebih cepat dan lebih banyak. setelah bibit ditanam kemudian disiram menggunakan sprayer.

  1. Saat sudah 1-2 minggu sungkup plastik dibuka, kemudian bibit berada dibawah paranet. Kemudian dalam perawatan bibitnya cukup dengan menyiram bibit menggunakan sprayer. Bibit dapat dipelihara selama 1-2 minggu, selain menyiram bibit pemupukan juga perlu dilakukan dengan menggunakan pupuk hayati setiap 4 hari sekali dengan jumlah yang sesuai.
  2. Setelah bibit berusia 2 minggu bibit dipindahkan dibawah paranet ke lahan terbuka sampai usia 2 bulan, namun bibit tersebut tetap berada dalam polybag. Dalam pemeliharaan bibit pada lahan terbuka bisa dengan melakukan pembersihan gulma dan pemupukan. Bibit yang masih didalam polybag ditempatkan dalam bedengan dengan tinggi sekitar 5 cm dengan ukuran 1m x 10m.
  3. Agar akar tidak keluar dalam polybag, permukaan bedengan bisa ditutup menggunakan batu bata yang kemudian diatasnya ditutup dengan lembaran plastik. setelah itu bibit dalam polybag disusun rapi diatas plastik agar akar bibit tidak menembus ke tanah bedengan.
  4. Pemupukan dilakukan setiap 4 hari sekali, setelah bibit keluar dari paranet kemudian berikan berupa TSO dan Urea perbandingan 1:1 dengan alasan supaya cepat besar, 2 minggu berikutnya diberikan urea, ZA dan NPK Mutiara dengan perbandingan 1:2:1 untuk membesarkan batang. Kemudian 2 minggu terakhir bisa diberikan pupuk tersebut yang dicampur menjadi satu yang dilarutkan dalam air dan disemprot langsung pada media tanam bibit.
  5. Serangan hama umumnya berupa ulat daun dan belalang dapat diatasi dengan penyemprotan pestisida hayati yang mengandung mikroba dengan dosis 250cc yang dilarutkan kedalam 10 liter air
  6. Saat usia bibit sudah berkisar 2 bulan, bibit bisa siap dipanen, dengan ukuran bibit setinggi 15-20 cm. Tinggi tersebut merupakan tinggi bibit yang sebaiknya ditanam dilahan terbuka, ukuran bibit 30 cm bisa digunakan untuk penggantian bibit pada saat proses penyulaman selama budidaya.
Kayu Sengon

Kayu Sengon

Itulah beberapa langkah untuk membibitkan sengon menggunakan metode kombinasi akar, dengan penemuan ini maka bibit yang dihasilkan pun kualitasnya akan semakin baik.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Pembibitan Sengon, Teknik Pembibitan, Pembibitan Kombinasi Akar, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: