Cara Praktis Membuat Bibit Sengon Solomon Sendiri

Cara Praktis Membuat Bibit Sengon Solomon Sendiri

Dewasa ini kebutuhan sengon untuk kebutuhan industri, mebel dan rumah tangga makin meningkat. Sementara produksi  pohon sengon masih terbatas. Untuk itu perlu penanaman sengon dalam jumlah besar untuk mencukupi kebutuhan kayu sengon yang makin meningkat. Pemerintah sendiri mengkampanyekan sejuta penanaman pohon termasuk diantaranya sengon. Di samping untuk memenuhi permintaan kayu

Diantara jenis kayu sengon, yang paling unggul adalah jenis sengon solomon. Sengon solomon berasal dari kepulauan Solomon yang berada di Samudera Pasifik. Sengon solomon mempunyai banyak keunggulan dibandingkan sengon laut atau sengon lokal lainnya.

Diantara kelebihan sengon solomon adalah:

  1. Dapat dipanen lebih cepat dibandingkan sengon lokal. Pada umumnya sengon solomon pada umur 5 tahun sudah dapat dipanen dengan diameter rata-rata 50 cm. Sedangkan sengon lokal pada umumnya dapat dipanen pada umur 7 tahun bahkan lebih dengan diameter rata-rata dibawah sengon solomon.
  2. Sengon solomon mampu beradaptasi dan hidup dengan baik di lahan yang kondisi tanahnya lebih gersang. Sehingga dapat di tanam pada lahan yang kurang subur atau lahan yang kurang produktif.
  3. Sengon solomon lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  4. Mempunyai pertumbuhaan yang lebih cepat di bandingkan sengon lokal.
  5. Mempunyai batang yang tidak bercabang (bebas cabang) yang lebih panjang di bandingkan sengon lokal.
  6. Diameter lebih besar dibandingkan sengon lainnya.
  7. Batangnya lebih lurus dan lebih halus permukaan kulitnya.

Dengan berbagai kelebihan tersebut sangat wajar bila banyak masyarakat yang beralih menggunakan bibit sengon solomon. Hal tersebut menjadi pasar yang sangat potensial.  Apalagi penjual benih bibit sengon solomon masih sangat terbatas. Maka tidak salah bila kita membuat sendiri benih bibit sengon solomon.

Cara membuat atau menyemai sengon solomon ternyata cukup mudah dan tidak rumit. Dengan membeli benih atau biji seberat  satu ons saja kita akan mendapatkan sekitar 2000- 2400 benih sengon solomon dengan presentase sekiitar 90.

 

Berikut cara pembuatan benih sengon solomon:

  1. Pada pagi hari, benih sengon terlebh dahulu di rendam dalam air panas (90 ◦C) selama 2- 4 menit.
  2. Setelah 4 menit, kita perlu menambahkan air dingin ke dalam rendaman benih. Kemudian rendam kembali selama 6 – 12 jam.
  3. Setelah 12 jam kemudian, periksa hasil rendaman. Bila kita mendapati ada benih yang mengambang, maka kita perlu membuang benih tersebut karena bila kita jadikan benih tidak akan tumbuh. Untuk benih yang tenggelam/ tidak mengambang, kita perlu membersihkan lendirnya dengan cara membasuhnya menggunakan air bersih.
  4. Benih tersebut kita pindahkan ke dalam tempat/ wadah dan ditutup dengan kain basah selama 36 jam.
  5. Setelah 36 jam, biarkan kecambah tumbuh sekitar 0, 5- 1 cm.Biasanya setelah 2- 4 hari, kecambah akan tumbuh daun. Baru kemudian kita dapat memindahkan ke dalam polybag.
  6. Pada saat kita memindahkan ke dalam polybag dengan posisi kecambah berada di bagian bawah. Pada saat memindahkan , cukup ditimbun ringan sebatas akar kecambah.
  7. Pada bagian atas kecambah perlu diberi jerami agar kecambah terlindung dari sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan biji kecambah dan tetap dalam kondisi lembab.

Jika pada musim hujan, kita perlu membuatkan naungan dari plastik berbentuk kubah. Sedangkan jika pada musim kemarau kita tidak perlu membuatkan naungan dari plastik.

  1. Setelah seminggu, biasanya sudah tumbuh tunas. Pada umur 1bulan, benih dapat diberi pupuk NPK dengan dosis yang rendah. Bisa juga diberi pupuk organik cair. Pada umur 4 bulan, benih siap tanam.

Demikian cara membuat benih sengon solomon. Dengan membuat sendiri benih yang akan kita tanam, maka akan mengurangi pengeluaran karena biasanya benih yang siap tanam harganya lebih mahal dibandingkan benih yang masih berbentuk biji.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Sengon, Pohon Sengon, Kayu Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: