Pengapuran Tanah Asam Pada lahan yang akan Ditanami Kayu Sengon

Pengapuran Tanah Asam Pada lahan yang akan Ditanami Kayu Sengon

Kayu sengon termasuk jenis kayu yang dapat tumbuh di lahan basah maupun lahan yang kering. Kayu yang bergantung pada lahan basah biasanya dari jenis sengon buto/ abang, sengon tekik dan sengon laut. Sedangkan sengon jenis solomon mempunyai kelebihan dapat tumbuh di lahan yang lebih gersang. Di samping itu mempunyai  daya tahan terhadap penyakit yang lebih bagus di bandingkan jenis sengon lain. Namun, ada kondisi tanah yang mempengaruhi pertumbuhan kayu sengon yaitu lahan dengan kadar keasaman atau pH asam yang sangat rendah.

Lahan dengan kadar asam yang rendah hanya menjadi lahan tidur. Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mengolah lahan dengan pH rendah menjadikan lahan tersebut terlantar dan tidak bisa menjadi lahan produktif. Dengan pemberian kapur maka kita dapat mendayagunakan lahan terlantar menjadi lahan produktif yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan.

Kadar keasaman yang rendah sangat mempengaruhi pertumbuhan. Untuk itu agar pertumbuhan sengon dapat optimal maka pH tanah harus di netralkan terlebih dahulu. Sebelum menetralkan tanah, kita harus mengetahui terlebih dahulu pH dengan menggunakan alat yang tersedia di toko pertanian terdekat.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Pengertian Tanah Asam

Tanah asam adalah tanah berkadar asam rendah (pH di bawah 6). Semakin rendah pH tanah maka semakin ekstrim keasamannya.

Apa saja kendala apabila menaman pohon sengon dilahan yang kadar asamnya rendah?

Kendala lahan dengan tanah asam yang rendah:

  • Tanah dengan pH rendah tidak mempunyai unsur hara makro ( N, P, K, Ca, Mg) tidak tersedia dalam jumlah yang cukup. Tanah dengan kadar asam rendah juga mengakibatkan efektivitas dan efisiensi pemupukan makro ( urea, TSP, KCL) juga rendah.
  • Beberapa unsur tanah seperti Al dan Fe tersedia berlebih sehingga mengakibatkan keracunan pada tanaman.
  • Menghambat perkembangan mikroorganisme tanah.

Untuk itu, untuk mengoptimalkan pertumbuhan sengon maka perlu perbaikan pH tanah. Untuk memperbaiki pH tanah bisa menyelesaikan masalah kesuburan tanah sekitar 50 %.Caranya dengan memberi kapur pertanian atau dolomit. Dolomit tersedia di berbagai toko pertanian terdekat. Ada beberapa merek lain yang tersedia di pasaran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pengapuran di lakukan minimal 2 minggu sebelum musim tanam
  2. Bahan kapur termasuk bahan yang mempunyai reaksi lambat terhadap tanah
  3. Setelah pengapuran sebaiknya tanah segera dicangkul agar kapur dan tanah bisa merata. Dan pencampuran itu bisa meresap hingga ke daerah perakaran tanaman.
  4. Setelah proses pencampuran kapur dan tanah, segera dilakukan proses pengairan.
  5. Proses tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk itu kita tidak bisa mengharapkan hasil yang cepat.
  6. Untuk dosis berkisar 500 kg/ Ha – 2 ton/ ha tergantung kadar keasaman tanah. Semakin rendah kadar keasaman tanah maka pemberian dolomit akan semakin banyak. Untuk itu pengukuran pH asam sangat perlu di lakukan.

Pohon Sengon

Jika kita telah melakukan pengapuran sesuai dengan ketentuan dan dosis yang dianjurkan barulah kita dapat menanam sengon pada lahan tersebut. Memang butuh perjuangan dan perawatan agar lahan tersebut cocok untuk di tanami berbagai jenis tumbuhan.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 

085 748 491242

Kata Terkait : Sengon, Pohon Sengon, Kayu Sengon, Harga Sengon, Budidaya Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: