Menanam Pohon Sengon Pada Lahan Sempit di Pinggir Sawah

Menanam Pohon Sengon Pada Lahan Sempit di Pinggir Sawah

Kayu sengon merupakan kayu produktif yang ditanam tidak hanya di tanah yang cukup luas, namun ternyata bisa ditanam di lahan sempit seperti di pinggir sawah. Kebanyakan tanah sawah mempunyai kandungan unsur hara yang tinggi karena intensitas pemupukan yang teratur guna menunjang pertumbuhan padi atau tanaman lain yang ditanam di area sawah.

Selama ini banyak masyarakat menggunakan pinggir sawah untuk menanam tanaman seperti cabe, kacang tanah dan tanaman semusim yang bisa diambil manfaatnya dalam jangka pendek. Selain ditanami dengan tanaman jangka pendek, pinggir sawah juga bisa ditanami sejenis kayu-kayuan yang berumur relatif lebih lama yaitu pohon sengon.

Pohon sengon salah satu pohon yang banyak digunakan dalam industri perkayuan dan industri pulp karena mempunyai banyak kelebihan.  Pohon sengon juga termasuk kayu yang awet sehingga bisa dimanfaatkan sebagai  bahan utama pembuatan rumah seperti kayu penopang, usuk, reng. Juga bahan utama kursi, meja, pintu, jendela, lemari dan masih banyak lagi.

Bertanam sengon juga tidak akan menghalangi sawah dari sinar matahari. Cara yang paling memungkinkan adalah menanam pohon sengon pada pinggir sawah sebelah barat, sehingga pada pagi hari sawah tetap terpapar sinar matahari pagi. Jarak antar pohon dibuat berjauhan sekitar 3 meter sehingga dalam 1 deret bisa terdapat beberapa pohon sengon sekaligus, tergantung luas dan panjang lahan sawah.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Sistem tumpang sari

Walaupun di tanam dipinggir sawah, kita tetap dapat menanam tumbuhan lain di sekitar pohon sengon. Tanaman seperti cabe, kacang tanah tetap bisa jadi pilihan. Cabe dan kacang tanah dalam beberapa bulan sudah dapat dipanen. Setelah selesai masa panen padi, biasanya sawah akan kembali di tanami dengan padai dan setelah selasai masa tanam padi, baru tanaman pendukung juga akan ditanam.

Pilihan bibit sengon

Bibit sengon mempunyai beberapa jenis dari yang biasa hingga benih unggulan. Ada jenis sengon buto/ sengon merah, sengon tekik, sengon laut/ sengon purworejo, sengon morotai dan sengon Solomon. Dari jenis itu yang paling unggul jenis Solomon. Dalam jangka waktu 5 tahun sengon Solomon sudah dapat di panen.

Sengon Solomon sendiri mempunyai beberapa kelebihan  diantaranya lebih tahan terhadap serangan penyakit, mempunyai masa panen lebih cepat dibanding dengan jenis sengon lainnya, mempunyai diameter yang lebih besar, pohon lebih tinggi dan lebih tahan terhadap lahan yang kering. Jika bibit sengon Solomon sulit di dapatkan maka bisa menggunakan bibit sengon laut, yang lebih banyak membutuhkan pasokan air.

Pemberian pupuk

Jika kita hanya menanam beberapa pohon saja dalam satu lahan, untuk pupuk kita bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk urea yang bisa kita berikan pada saat kita menanam padi. Perawatan juga tidak begitu sulit karena masih dikawasan atau area yang sering diberi pupuk.

Perawatan

Pada saat masa perawatan, kita tidak perlu mengadakan proses penjarangan apabila sengon yang kita tanam tidak terkena penyakit. Jika ada sengon yang pertumbuhan kurang optimal, kita bisa memberikan penyulaman. Kita perlu memangkas ranting-ranting yang bisa mengurangi pertumbuhan dari pohon sengon.

Masa panen

Masa panen sangat di tentukan oleh jenis sengon. Semakin unggul jenis sengon yang kita tanam maka biasanya dalam jangka waktu 5-7 tahun kita sudah dapat memanen pohon sengon kita. Agar tidak mengganggu tanaman yang ada di sawah, proses pemotongan pohon sengon dilakukan setelah musim panen padi telah usai. Dengan demikian tidak akan mengganggu tumbuh kembangnya tanaman pokok di sawah.

Bibit Sengon

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Menanam Pohon Sengon, Lahan Penanaman Sengon, Jual Kayu Sengon, Harga Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: