Menanam Benih Sengon Laut agar Cepat Besar dan Berkembang

Menanam Benih Sengon Laut agar Cepat Besar dan Berkembang

Jika kita ingin menanam pohon sengon, maka hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah benih yang kita gunakan sebaiknya benih unggul. Untuk sengon yang digunakan sebaiknya jenis sengon laut atau sengon putih. Untuk sengon dengan warna coklat tidak di sarankan. Hal ini karena pertumbuhan sengon laut dan sengon putih berbeda dengan sengon warna coklat.

Perbedaan sengon putih dibandingkan sengon coklat diantaranya:

  1. Pada pohon sengon laut dan sengon putih, panjang pohon yang tidak bercabang mencapai 9 meter.
  2. Pohon sengon laut dan sengon putih mempunyai pohon berwarna putih.
  3. Pada sengon coklat, mempunyai banyak cabang. Cabang hampir tumbuh pada setiap 1 meter. Untuk itu menghasilkan jumlah kubik yang sedikit.
  4. Pohon sengon coklat berwarna coklat.

Setelah mengetahui jenis kayu sengon yang akan ditanam maka kita bisa ke tahap berikutnya. Dari berbagai penanaman berdasarkan klasifikasi umur, yang paling banyak menyita waktu dan perhatian adalah pada 3 tahun pertama. Untuk selanjutnya tinggal kita melakukan perawatan agar sengon yang kita tanam dapat berkembang sesuai harapan.

Pohon Sengon

Persiapan dalam menanam pohon sengon:

  1. Menyiapkan sengon bibit unggul

Tidak semua benih sengon mempunyai karakter bibit unggul. Saat ini yang banyak mendapatkan apresiasi karena kelebihannnya adalah sengon Solomon baik dengan biji atau kultur jaringan.

  1. Persiapan lahan yang akan digunakan

Persiapan yang harus kita lakukan diantaranya adalah pembukaan lahan, membersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu, pembuatan lubang untuk benih sengon.  Setelah lubang siap, maka kita perlu memasukkan pupuk kandang ke dalam lubang tersebut. Pupuk kandang yang digunakan yang siap pakai dan cukup kering serta telah diberi kapur agar bakteri tidak bisa tumbuh.

  1. Mempersiapkan penanaman benih sengon
  2. Pemeliharaan pohon sengon
  • Penggantian tanaman
  • Penyiangan
  • Pemangkasan cabang pohon.

 Penggantian tanaman sengon

Penggantian tanaman dimaksudkan untuk mengganti tanaman sengon yang telah mati atau pertumbuhan tidak sesuai yang diharapkan. Dengan mengganti tanaman dengan benih yang baru maka besar tanaman mempunyai ukuran yang tidak jauh berbeda.

Penyiangan

 Penyiangan dimaksudkan untuk membebaskan tanaman dari tanaman pengganggu. Biasanya pada kebun atau hutan sengon akan tumbuh  rumput ilalang dan tanaman pengganggu lain. Hal itu tentu akan mengganggu pertumbuhan dari pohon sengon. Maka solusinya adalah dengan membersihkan lahan dari gulma pengganggu.

Pemangkasan cabang pohon

Pemangkasan diperlukan untuk memperlancar datangnya sinar matahari. Cabang atau ranting yang kecil biasanya di pangkas agar ruang gerak pohon lebih leluasa lagi. Tanaman yang terlalu rapat akan mengganggu pertumbuhan dn perkembangan pohon sengon nantinya.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

 Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Menanam Sengon, Menanam Benih Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: