Keunggulan Kayu Sengon di Bandingkan Kayu Jenis Mahoni atau Mindi

Keunggulan Kayu Sengon di Bandingkan Kayu Jenis Mahoni atau Mindi

Di antara jenis kayu-kayuan tersebut, kayu sengon termasuk jenis kayu yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan industri. Berbagai perkakas rumah tangga banyak menggunakan kayu sengon di bandingkan kayu mindi atau kayu mahoni.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Kayu sengon memang mempunyai beberapa kelebihan di banding kayu sengon atau mindi :

  • Kayu sengon mempunyai karakter kayu yang lurus, dengan batang bebas cabang di atas 20 meter. Sedangkan kayu mindi umumnya mempunyai batang yang tidak begitu lurus dan mempunyai banyak cabang. Sehingga kayu sengon banyak menghasilkan kubiksasi di bandingkan mindi dan mahoni.
  • Kayu sengon mempunyai sifat kayu yang awet, ringan dan lunak sehingga lebih banyak digunakan untuk pembuatan barang berbagai keperluan rumah tangga seperti papan, pintu, meja, kursi dan masih banyak lagi. Ini berbeda dengan kayu mahoni yang mempunyai karakter kuat, berat sehingga jika dijadikan pintu atau perkakas lain kurang begitu cocok karena berat.
  • Jika pohon mindi dan pohon mahoni rata-rata postur pohonnya dibawah rata-rata ketinggian pohon sengon. Sehingga jika menanam pohon mindi dan pohon sengon dalam jumlah banyak, kayu yang di hasilkannya tidak sebanyak pohon sengon yang bisa mencapai tinggi pohon hingga 40 meter lebih.
  • Pohon mahoni dan pohon sengon mempunyai kulit kayu yang keras dan beralur yang dapat mengelupas saat berumur tua, sehingga saat digunakan banyak bagian kayu yang terbuang. Bagian yang terbuang ini biasanya digunakan untuk kayu bakar. Sedangkan pohon sengon mempunyai kulit kayu yang licin dan halus sehingga bagian kayu yang terbuang hampir tidak ada.
  • Dari segi kualitas kayu, kayu mahoni memang lebih baik dari kayu sengon dan kayu mindi. Kualitas kayu mahoni bahkan di bawah kayu jati. Namun kayu sengon juga mempunyai kelebihan yaitu ringan dan lurus sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai macam benda mulai dari kerajinan tangan, papan, meja, kursi, lemari, peti kemas, industri pulp, industri korek api dan masih banyak lagi. Pada saat dipaku, kayu sengon tidak banyak mengalami perubahan dan itu menguntungkan saat membentuk barang dengan ukuran yang kecil.
Pohon Sengon

Pohon Sengon

Dalam bidang pemasaran, kayu sengon lebih mudah saat dipasarkan. Masyarakat lebih mengenal dengan kayu sengon di bandingkan kayu mahoni dan kayu mindi. Maka tak mengherankan bila masyarakat banyak yang memelihara kayu sengon di bandingkan kayu jenis lainnya. Di perbagai perkebunan atau tanaman hutan rakyat (Tahura), lebih banyak di tanam pohon sengon. Apalagi di tunjang dengan perkembangan berbagai varietas unggulan kayu sengon sehingga masyarakat lebih giat menanam untuk tujuan penghijauan maupun untuk investasi.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Kayu Sengon, Tanaman Sengon, Pohon Sengon, Kayu Mindi, Kualitas Kayu Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: