Faktor Kerapatan Dalam memelihara Kayu Sengon

Faktor Kerapatan Dalam memelihara Kayu Sengon

Dalam menanam pohon, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah fator kerapatan atau jarak antar tanaman. Tanaman yang terlalu rapat pada awal masa tanaman tidak begitu berpengaruh pada pertumbuhan namun seiring makin berkembangnya tanaman, maka harus ada usaha penngurangan tanaman/ penjarangan tanaman guna menunjang pertumbuhan tanaman yang lebih optimal.

Tanaman semakin besar maka akan membutuhkan ruang dan daya dukung tanah yang semakin besar. Hal itu dipengaruhi tingkat kesuburan tanah, jenis pohon yang ditanam dan pemeliharaan pohon. Kerapatan tanaman dipengaruhi dari lebar tajuk atau akar tanaman. Semakin lebar tajuk tanaman maka jarak antar tanaman juga semakin lebar. Dengan demikian makin rapat jarak antar tanaman maka akan semakin banyak jumlah pohon yang menempati area tersebut. Semakin subur suatu lahan maka jarak tanaman akan semakin longgar.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Untuk itu penentuan jarak tanaman tergantung beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Potensi lebar tajuk
  2. Tujuan penanaman sengon
  3. Faktor pembatas petumbuhan tanaman

Potensi lebar tajuk

Pohon sengon mempunyai ciri yaitu ukuran daun kecil dan tidak terlalu rimbun sehingga sinar matahari masih memungkinkan untuk masuk ke dalam lahan. Sehingga lahan sengon bisa di tanaman dengan tanaman lain/ tumpang sari.  Hal tersebut bereda dengan lahan yang di tanami pohon seperti pohon jati dan pohon jabon yang mempunyai tajuk yang berat dan daun yang lebar.

Jika kita ingin menanam dengan sistem tumpangsari, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Jenis tanaman pendukung (tumpang sari) tidak merugikan tanaman pokok
  2. Jenis tanaman pendukung mempunyai perakaran yang dangkal
  3. Tanaman pendukung mempunyai tajuk yang tidak lebat sehingga menghalangi intensitas cahaya ke pohon pokok (pohon sengon)
  4. Tanaman pendukung tidak menyerap nutrisi dan air terlalu kuat sehingga dapat mengganggu tanaman sengon
  5. Tanaman pendukung justru ikut menyuburkan tanah
  6. Tidak mengganggu aktivitas dari pemeliharaan tanaman sengon
  7. Bersifat sementara(berumur pendek)
  8. Penanaman dilakukan setelah tanaman sengon selesai ditanam.
  9. Beberapa jenis tanaman yang sesuai untuk dijadikan dari jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang tanah, kacang benguk dan kacang tolo.

Pada sengon yang berumur, pohon sengon memerlukan suatu ruang untuk tumbuh dan berkembang dengan jarak  sekitar 2-3 meter. Jadi dalam 1 hektar bisa ditumbuhi sekitar 1600-1700 pohon. Jarak yang ideal sekitar 2 x 3 meter.

Pada saat kita menanam pohon, perlu dilakukan penjarangan agar pohon sengon dapat tumbuh lebih optimal. Dengan melakukan penjarangan maka pertumbuhan sengon akan semakin membesar, jadi tidak hanya meninggi namun juga diameter semakin besar.  Penjarangan dilakukan pada tanaman yang terlalu kerdil, yang terkena penyakit, patah  dan penjarangan pada masa panen yaitu menebang pohon yang pertumbuhannya paling bagus. Jika terlalu besar, maka dapat dilakukan pemanenan yang lebih awal sedangkan pada tanaman kerdil perlu dilakukan pemangkasan.

Penjarangan dapat dilakukan beberapa kali sebelum masa panen. Terutama pada tanaman yang pertumbuhan bagus dan tanaman yang mempunyai standar di bawah rata-rata namun sudah laku jika dijual yang berdiameter lebih dari 16 cm. Pada saat kita melakukan penjarangan harus hati-hati karena pohon di tebang secara acak, menurut kriteria yang memenuhi syarat untuk di tebang.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Pada saat kita melakukan penebangan, kita menggunakan cara sistem tebang baris 2:1. Yang artinya jka kita menebang satu baris, dua baris berikutnya di pertahankan. Dengan begitu akan mengurangi resiko saat kita menebang pohon. Potensi tertimpa pohon dapat di kurangi.

Demikian beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memelihara kayu sengon. Faktor kerapatan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan demi tumbuh dan berkembangnya pohon sengon yang kita pelihara.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Penanaman Pohon Sengon, Jarak Penanaman Sengon, Kerapatan Penanaman Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: