Pupuk yang Sebaiknya Kita Gunakan Kala Menanam Sengon

Pupuk yang Sebaiknya Kita Gunakan Kala Menanam Sengon

Dalam pertumbuhan tanaman mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhi percepatan pertumbuhan. Beberapa diantara faktor yang mempercepat pertumbuhan adalah jenis benih yang digunakan, unsur hara, ph (zat keasaman) tanah, ketersediaan air, ketinggian dari permukaan air laut, suplai sinar matahari dan pupuk.

Saat kita menanam pohon sengon juga faktor pupuk juga sangat mempengaruhi. Salah satu yang patut di rekomendasikan adalah pupuk hayati. Pupuk hayati adalah pupuk yang berasal dari alam, bukan dari bahan kimia.

Ada salah satu petani sekun sengon yang lahannya terserang penyakit yang mengakibatkan daun-daun menguning dan akhirnya berguguran. Padahal sengon yang ditanam baru berumur setahun , jadi belum bisa jika panen awal. Namun setelah mencoba menggunakan pupuk hayati ternyata bisa membuahkan hasil.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Petani bisa menyemprot pohon sengon dengan pupuk hayati setiap 3 bulan sekali. Untuk lahan sekitar 2,5 hektar yang di tanami 1000 pohon sengon,untuk sekali menyemprot  membutuhkan 10 -15 tutup botol pupuk hayati yang di campurkan dengan 14 liter air. Penyemprotan di lakukan tidak hanya pada sengon yang sakit namun sengon dalam kondisi sehat juga di semprot.

Dengan rutin melakukan penyemprotan setiap 3 bulan sekali, maka hasilnya jelas terlihat. Penyemprotan di lakukan hingga tahun ke-4.  Pohon sengon yang pada awalnya mempunyai daun kekuningan dan berguguran, lambat laun daunnya mulai menghijau dan tidak berguguran lagi. Bahkan pertumbuhan semakin meningkat dan hampir menyamai pertumbuhan sengon yang sehat. Hal itu membuktikan jika pupuk nabati mempengaruhi kondisi sengon yang sakit.

Pada tahun pertama jika kita memelihara sekitar 1000 pohon membutuhkan campuran pupuk Urea, KCL dan TSP sebanyak 400 kg. Pada tahun kedua dan selanjutnya kita hanya menggunakan pupuk urea sebanyak 500 kg per tahun untuk pemakaian 1000 pohon. Jadi cukup irit dan tidak begitu mengeluarkan biaya yang banyak.  Setelah penggunaan tahun kelima barulah kita bisa memetik hikmah dari pemakaian pupuk hayati.

Dengan kita memanfaatkan pupuk hayati maka kita dapat menekan ongkos pengeluaran. Jika memakai 2 liter pupuk hayati cair, kita hanya memerlukan 2 liter pupuk cair untuk penggunaan 1000 pohon sengon. Jika kita menggunakan pupuk anorganik maka pemberian pupuk dilakukan selama 5 tahun, jika kita menggunakan pupuk hayati maka kita hanya menggunakan selama 4 tahun saja. Tentu saja pengeluaran menjadi lebih rendah.

Pupuk hayati lebih aman dibandingkan jika kita menggunakan pupuk kimia secara terus menerus. Penggunaan pupuk yang berlebih-lebihan hanya akan mengakibatkan unsur hara yang terkandung di dalamnya akan mengalami perubahan. Untuk itu penggunaan pupuk organik sangat di sarankan untuk menjaga keseimbangan unsur hara di dalam tanah.

Pupuk bisa di dapatkan secara mudah di toko pertanian. Harganya lebih terjangkau dan lebih ramah lingkungan. Pupuk ini selain lebih hemat, juga penggunaannya hanya sedikit jadi bisa untuk lahan yang luas. Unsur yang terkandung di dalam pupuk hayati berasal dari alam yang tidak akan merusak ekosistem alam.  Dengan begitu keseimbangan alam lebih terjaga.

Jadi dalam menanam dan menanggulangi berbagai penyakit, kita sebaiknya menggunakan pupuk ramah lingkungan. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak begitu membebani para petani.

 Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 

085 748 491242

Kata Terkait: Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Pemupukan Tanaman Sengon, Pemilihan Pupuk Sengon, Pupuk Hayati untuk Penanaman Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: