Macam-Macam Jenis Sengon yang ada di Indonesia

Macam-Macam Jenis Sengon yang ada di Indonesia

Sengon mempunyai berbagai jenis, baik yang termasuk kategori unggul atau sengon kategori sedang. Sebelum kita menanam pohon sengon, ada baiknya kita mencoba mengetahui beberapa jenis sengon yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah sengon merah (sengon buto), sengon tekik (sengon tekek) dan sengon laut (Albasia/ Albazia).

  • Sengon Buto (sengon merah).

Menurut bahasa latin disebut juga dengan Enterolobium cyclocarpum ( Jacq) Grisep. Sementara masyarakat Indonesia mengenalnya dengan nama sengon buto/ sengon merah. Jenis sengon ini sangat besar maka dinamakan sengon buto/ sengon raksasa. Hal itu di tunjang dengan pertumbuhannya yang sangat cepat.

Saat ini sengon buto termasuk mulai jarang ditanam karena mempunyai beberapa kelemahan. Diantara kelemahan itu adalah kayunya mudah patah dan serat kayunya cukup kasar sehingga pada saat pembuatan menjadi produk olahan, nampak kurang rapi. Sehingga banyak masyarakat yang enggan untuk menanamnya. Ciri fisik dari pohon sengon merah ini adalah kulitnya yang berwarna merah. Kulit batang lebih kasar di bandingkan dengon lainnya.  Kulitnya juga lebih bersisik. Postur tubuhnya besar.

Sengon ini dapat tumbuh pada ketinggian 0-1000 m di atas permukaan laut dengan curah hujan 600- 4800 mm/ tahun. Pohon ini dapat bertahan pada suhu dingin dan hidup pada tanah berpasir. Buah sengon termasuk buah polong dengan kulit yang keras. Benih sengon berukuran hampir 2 cm dengan warna coklat tua. Dalam 1 kg terdapat 900- 1000 benih.

Sengon Buto

Sengon Buto

  • Sengon Tekek/ Tekik

Sengon ini termasuk sengon lokal Indonesia.  Sengon ini mempunyai kemiripan dengan sengon laut. Perbedaan yang mencolok pada ranting yang berwarna kemerah-merahan. Kayu sengon tekik lebih keras dibandingkan kayu sengon buto. Jika dibandingkan sengon laut, mempunyai kelemahan yaitu mudah patah.

Sengon Tekik

Sengon Tekik

  • Sengon laut

Sengon laut (Paraserianthes falcataria), mempunyai ciri berwarna keputihan atau keabu-abuan. Permukaan  kayu agak licin dan agak mengkilap. Pada saat baru ditebang, kayu berbau seperti petai tapi setelah agak kering bau tersebut akan hilang dengan sendirinya. Kayu sengon laut termasuk kategori kayu kelas awet. Kayunya lunak, mudah digergaji dan proses pengeringannya cepat. Kelemahannya yaitu pada proses pengeringan akan menyebabkan  kayu menjadi melengkung dan memilin.

Sengon Laut

Sengon Laut

  • Kayu sengon Solomon

Kayu jenis ini aslinya berasal dari Kepulauan Solomon. Sekarang ini sudah banyak tersebar di segala penjuru Indonesia karena mempunyai beberapa kelebihan diantaranya lebih tahan terhadap serangan penyakit, postur tubuhnya melebihi sengon lokal lainnya, batangnya lebih lurus dan pencabangan diatas 20 meter dari batang bawah, diameter batangnya lebih besar di bandingkan sengon lokal dan lebih cepat dipanen. Senon Solomon dapat beradaptasi pada lahan yang kering. Pada umur 5-7 tahun, sengon Solomon dapat dipanen.

Sengon Solomon

Sengon Solomon

Sengon laut mempunyai ciri seperti daunnya berwarna hijau tua, ukuran daun lebih besar. Sengon jenis ini banyak sekali dibutuhkan dalam industri dan rumah tangga.   Dibandingkan sengon dengan jenis lainnya, sengon Solomon mempunyai prospek yang paling bagus untuk investasi. Modal yang digunakan memang lebih mahal di bandingkan jenis lain namun jika melihat panen yang menghasilkan pendapatan cukup bagus.

Itulah beberapa jenis sengon yang ada di Indonesia. Untuk itu sebelum kita menanam, sebaiknya kenali dahulu kekunggulan dan kekurangan tiap jenis sengon.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Macam-macam Pohon Sengon, Jenis-Jenis Pohon Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: