Berbagai Kerajinan Tangan dari Kayu Berbahan Sengon

Berbagai Kerajinan Tangan dari Kayu Berbahan Sengon

Indonesia kaya akan berbagai tumbuhan yang bisa di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup manusia seperti bahan untuk membuat berbagai perabot rumah hingga industri. Selain itu ita bisa membuat berbagai kerajinan tangan dari kayu berbahan sengon. Kerajinan itu bisa kita jadikan produk souvenir yang siap untuk di pasarkan.

Mainan atau alat peraga edukasi lebih aman menggunakan kayu sebagai bahan utamanya dibandingkan mainan atau alat peraga dari plastik karena:

  1. Bahan lebih alami tidak mengandung bahan kimia berbahaya
  2. Bisa menggunakan warna alami yang tidak membahayakan para pengguna
  3. Dapat menggunakan bahan daur ulang sehingga memperkecil pengeluaran.

Berbagai bentuk souvenir dari kayu berbahan sengon diantaranya berbagai miniatur mobil, sepeda, becak, pesawat terbang. Juga berbagai macam patung, gantungan kunci, pigura, bross, mainan anak-anak hingga alat peraga edukasi di sekolah.

Kayu sengon sangat sesuai dijadikan bahan baku pembuatan berbagai jenis souvenir karena bahannya yang ringan, tidak mudah pecah, cepat kering dan awet (tidak gampang lapuk). Di samping itu harganya lebih terjangkau di bandingkan dengan kayu jati. Hal itu akan mempengaruhi harga jual di pasaran. Dengan harga yang cukup terjangkau, masyarakat bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang bagus.

Casing Smartphone dan Gadget

Casing Smartphone dan Gadget

Kayu sengon dapat dibentuk menjadi berbagai jenis souvenir seperti peralatan alat musik, peralatan dapur, gantungan kunci. Souvenir ini dapat digunakan dalam acara pernikahan sebagai souvenir tamu. Sekarang ini banyak sekali bermunculan ide-ide kreatif dalam membentuk kayu menjadi berbagai macam hiasan yang indah.

Bentuk kerajinan itu kini dapat dipasarkan di toko souvenir yang tersebar di berbagai sudut kota. Jika anda sedang mengunjungi kota pelajar Yogyakarta dan berada di pusat perbelanjaan Malioboro maka kita akan mendapatkan penjual berbagai souvenir yang menjajakan di sepanjang jalan dari Jl. Jenderal Ahmad Yani – Jl. Malioboro. Barang yang di tawarkan mempunyai beragam bentuk dan harga dari yang bernilai ribuan hingga jutaan. Tergantung produk yang ditawarkan.

Untuk pemasaran sekarang ini tidak hanya melalui toko offline namun merambah ke toko online. Dimana penjualan toko online ini mempunyai banyak keuntungan diantaranya bisa pemasarannya bisa mencapai pemasaran ke luar negeri.  Dengan begitu akan membuka peluang lapangan kerja yang baru bagi  banyak orang.

Kerajinan tangan berbahan kayu memang mendapatkan pesaing dari perajin yang menggunakan bahan berbeda. Sekarang ini kreativitas menjadi hal yang berharga, dimana dengan bahan yang sama namun dengan kreativitas yang berbeda maka akan menghasilan produk dengan bentuk dan kualitas yang berbeda. Dengan kualitas yang lebih baik maka nilai jual juga akan mengalami peningkatan.

Memang ada kendala tersendiri jika kita membuat kerajinan dari kayu yaitu sumber daya yang terampil. Perajin kayu untuk sekarang ini jumlahnya tidak begitu banyak di bandingkan dengan perajin dari bahan lain. Hal itu sangat di sayangkan karena potensi kayu kita sangat melimpah dan tenaga kerja juga banyak, hanya sayang masih perlu pelatihan jika ingin menghasilkan kerajinan tangan dengan hasil yang bermutu.

Call to Action:

085748491242

Kata terkait:

Kayu sengon, produk hasil kayu sengon olahan, cara menanam sengon, sengon Solomon kultur jaringan, investasi pohon sengon

Advertisements

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: