Beberapa Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi kayu sengon

Beberapa Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi kayu sengon

Kayu merupakan suatu bahan yang dapat digunakan untuk membangun rumah yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alam. Sejak zaman dahulu kayu dibutuhkan untuk kebutuhan membangun rumah, bahan untuk alat pertukangan, pertanian bahkan kayu bakar. Penggunaan kayu belum begitu luas karena era industrialisasi belum ada. Setelah era industrialisasi, kegunaan kayu makin dibutuhkan. Salah satunya bahan untuk membuat peti kemas, bahan baku pembuatan pulp dan korek api serta masih banyak kegunaan lainnya.

Sebagai bahan baku bangunan, kayu mempunyai fungsi penting yaitu sebagai konstruksi sebuah bangunan. Kayu digunakan sebagai kuda-kuda, usuk, reng, kayu penyangga agar terjadi kestabilan dalam konstruksi sebuah bangunan. Jenis kayu yang digunakan pada umumnya berjenis kayu jati, kayu kamper, kayu meranti, kayu sengon, kayu mahoni, kayu kruing dan masih banyak lagi.   Untuk saat ini, peran kayu sebagian digantikan oleh beton dan baja.

Kayu sengon dikenal sebagai salah satu kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan bangunan dan industri.  Kayu yang mempunyai ciri berwarna keputih-putihan atau keabu-abuan, tekstur agak licin, berserat lurus dan bergelombang lebar.  Kayu sengon termasuk jenis kayu awet, mudah di gergaji dan dapat dikeringkan dengan cara alami. Dalam bidang perkayuan, sengon termasuk kayu kelas 3. Walaupun demikian, sengon makin popular di kalangan petani dan pemilik kebun  yang ingin berinvestasi di bidang kayu.

Pohon Sengon

Sengon banyak menjadi pilihan karena masa tebang cukup singkat dibandingkan kayu jenis lain seperti kayu jati yang mencapai usia 25-30 tahun baru dapat dipanen. Sedangkan pada sengon pada umur 5-10 tahun sudah dapat dipetik hasilnya. Walaupun kayu ini masih kalah kualitasnya dengan kayu jati namun tidak mengurangi minat para investor untuk terjun di bidang kayu sengon.

Kayu sengon selain untuk bahan bangunan juga digunakan untuk bahan baku pulp. Sengon mempunyai kelebihan karena mempunyai kadar selulosa yang tinggi dan mempunyai serat panjang sehingga sengon patut di rekomendasikan sebagai bahan baku kertas yang berkualitas.

Dalam menanam sengon memang terkadang ditemui berbagai kendala seperti keterbatasan bibit yang berkualitas. Padahal bibit sangat menentukan kualitas kayu. Belum lagi bila ada hama menyerang seperti ulat puru, karat kayu, uret atau larva kumbang yang bisa menyebabkan benih patah, mati atau daun-daunnya berguguran.

Sengon mempunyai kelebihan lainnya yaitu mudah tumbuh di lahan yang kering sekalipun, masa tebang relatif cepat, mempunyai karakter kayu yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga dan industry,berjenis kayu ringan dan harganya yang kompetitif.  Pada masa dahulu banyak yang menggunakan kayu jenis meranti, mindi, mahoni. Namun lambat laun orang banyak beralih ke kayu sengon karena waktu panen yang lebih cepat, kayu yang di hasilkan cukup besar dan lurus, kayunya lunak, mudah di gergaji dan cukup awet.

Sekarang ini banyak dilakukan kerjasama antara pihak industry dengan pemilik lahan sehingga ketersediaan pohon sengon dapat terjaga dan pemilik lahan tidak perlu memikirkan kemana akan menjual pohon sengon bila panen telah tiba. Hal tersebut tentu menguntungkan kedua belah pihak.

Di bandingkan dengan kayu ekspor, kayu sengon harganya lebih terjangkau. Industri tentu lebih memilih yang harganya terjangkau. Apalagi industri yang membutuhkan kayu sengon semakin banyak. Mereka akan  berlomba untuk mendapatkan kayu lokal yang berkualitas. Maka pemilik kebun mempunyai posisi tawar yang lebih tinggi.

Pohon Sengon

Ada petani yang pada awalnya menanam pohon cengkih namun harga cengkih yang tidak bisa diprediksi terkadang membuat petani menjadi putus asa. Mereka akhirnya  mengganti dengan pohon sengon. Setelah beberapa tahun, ternyata pilihan mereka tepat. Mereka mendapatkan harga yang lebih menjanjikan.   Banyaknya indutri dan pengolahan kayu untuk kebutuhan rumah tangga menjadi pemacu makin suburnya investasi kayu sengon.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 085 748 491242

Kata Terkait: Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Kayu Sengon, Investasi Kayu, Investasi Kayu Sengon, Menjual Kayu Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: