Menanam Pohon Sengon Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani

Menanam Pohon Sengon Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani

Pada saat ini banyak petani atau pemilik kebun yang menanam berbagai jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomis yang berbeda-beda. Beberapa petani memilih jenis tanaman palawija, buah-buahan, sayur-sayuran dan beberapa jenis pohon dari kayu-kayuan seperti kayu mahoni, sengon dan pohon jati.

 Jenis tanaman akan mempengaruhi nilai jual dan pemasukan bagi petani atau pekebun. Jenis palawija termasuk jenis yang banyak di tanam dilahan penduduk. Umurnya yang pendek, harga bibit yang murah, gampang pemasarannya serta perawatan yang relatif lebih mudah. Jadi dalam setahun kita bisa memanen beberapa kali. Jadi petani tidak terlalu lama menunggu untuk bisa memetik hasilnya.

Hal ini juga berlaku kala kita menanam sejenis sayur-sayuran. Kebanyakan jenis sayuran mempunyai masa tanam yang sebentar. Seperti kangkung, sawi, kacang panjang, buncis, tomat, cabe, terung dan masih banyak lagi. Sayur-sayuran tersebut masa tanam hanya sebentar. Dalam satu lahan bisa di tanami dengan berbagai jenis tanaman yang bisa di konsumsi sendiri dan dijual kepada pihak pengepul. Biasanya harga dalam tiap musim tanam mengalami perubahan tergantung dari harga pasaran.

Selain itu ada alternatif lain yaitu dengan menanam lahan dengan sejenis kayu-kayuan seperti kayu jati, mahoni, sengon dan lain-lain. Untuk kayu-kayuan memang tidak seperti jenis sayur-sayuran dan buah-buahan. Kayu jati sendiri dapat di panen setelah berumur lebih sekitar 20 tahun lebih. Sedangkan pohon mahoni dan sengon bisa lebih cepat dari pohon jati. Pada umur 5 tahunan sudah mulai bisa dipanen. Untuk waktu panen yang tepat pada umur 10 tahunan.

Pohon Sengon

Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memetik hasilnya, namun bertanam sengon mempunyai beberapa keunggulan:

  1. Waktu yang di butuhkan jauh lebih pendek di bandingkan kayu jati. Untuk sengon unggulan pada umur 5 tahun sudah bisa dipanen, sedangkan sengon lokal dipanen pada umur 7- 10 tahun.
  2. Pada saat kita menanam sengon, di sela-sela pohon sengon kita bisa menanam berbagai jenis palawija atau tanaman berumur pendek lainnya.  Dengan begitu selagi kita menunggu panen sengon, kita bisa panen dari tanaman berumur pendek berulang-kali.
  3. Menanam sengon sangat menguntungkan karena harganya termasuk tinggi dan banyak di gunakan di berbagai lapisan masyarakat dan kebutuhan industri.
  4. Sengon termasuk tidak begitu sulit perawatannya.
  5. Biaya yang di keluarkan tidak begitu besar, tergantung dari jenis dan banyaknya pohon yang akan kita tanam.
  6. Harga jual sengon termasuk tinggi, walaupun baru di panen setelah beberapa tahun namun jika di bandingkan menanam sejenis sayur-sayuran atau palawija, setelah di total akan tetap menguntungkan bertanam sengon.

Itulah beberapa  kelebihan jika kita menanam sengon di bandingkan tanaman jenis lainnya. Varietas sengon sendiri bermacam-macam mulai dari sengon lokal, sengon laut, sengon morotai, sengon Solomon jaguar hingga sengon Solomon kultur jaringan.

Masyarakat Indonesia memang belum terbiasa dalam menanam tanaman yang mempunyai umur yang lebih panjang di bandingkan umur buah-buahan itu karena mereka lebih menyenangi tanaman yang bisa dipanen lebih cepat. Hanya saja kelemahan dari menanam sejenis ini, dalam beberapa tahun hasil yang di dapatkan kurang seberapa di bandingkan kita menanam sejenis kayu- kayuan.

Pohon Sengon

Untuk itu sebagai tanaman yang dapat meningkatkan pendapatan petani, pohon sengon patut di pertimbangkan untuk di tanam di lahan milik petani. Jika lahan yang tersedia terbatas, pohon sengon tetap bisa di tanam pada bagian pinggir lahan. Misalnya di pematang sawah atau di pinggir kebun. Dengan menanam beberapa pohon sengon saja, petani dapat memetik hikmahnya dengan mendapatkan penghasilan sampingan yang cukup lumayan.

Dan jika anda menginginkan bibit kayu sengon, olahan kayu sengon maupun log kayu sengon dengan berbagai ukuran, kami menjual baik grosir maupun eceran. Silahkan hubungi kami di:

 

085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Meningkatkan Penghasilan, Penghasilan Petani, Menanam Pohon Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: