Berbagai Manfaat dari Pohon Sengon

Berbagai Manfaat dari Pohon Sengon

Pohon sengon merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan industri. Permintaan akan kayu sengon di pabrik-pabrik industri juga semakin tinggi, maka dari itu banyak para petani yang memanfaatkan pohon sengon sebagai penghasilannya.

Perawatan yang dilakukan cukup mudah, perawatan secara intensif hanya dilakukan dalam satu tahun, ditahun berikutnya hanya memerlukan perawatan berkala dengan penyiangan rumput atau gulma.

Pohon sengon terkenal dengan pohon yang serbaguna karena mulai dari daun hingga akarnya setiap bagian pohonnya bermanfaat untuk kebutuhan hidup manusia mulai dari daunnya sebagai pakan ternak hingga kayu yang dimanfaatkan untuk kebutuhan industri.

Apa saja manfaat dari pohon sengon?

Berikut 4 manfaat dari pohon sengon

  1. Daun Pohon Sengon

Daun pohon sengon diyakini memiliki kandungan protein yang tinggi, yang baik untuk pakan ternak kambing, sapi maupun kerbau. Warna daunnya yang berwarna hijau berguna untuk memasak dan menyerap nitrogen dan karbiondioksida dari udara bebas.

Daun Sengon

Daun Sengon

  1. Akar Pohon Sengon

Nodul pada akar sengon dapat membantu proses porositas tanah dan penyediaan unsur nitrogen dalam tanah. Sehingga dapat menyuburkan tanah, disekitar lahan yang ditanami pohon sengon bisa ditanami palawija untuk mendapat penghasilan, akar rambutnya yang kuat mampu menyimpan zat nitrogen, sehingga tanah disekitarnya menjadi subur.

  1. Kayu Sengon

Dari bagian-bagian yang ada pada pohon sengon, batang sengon atau kayu sengon banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri pabrik pengolahan kayu, baik yang berbentuk kayu olahan papan seperti pembuatan peti, pengecoran semen dalam konstruksi, industri korek api, kertas, pensil dll.

Log Kayu Sengon

Log Kayu Sengon

  1. Bunga Sengon

Bunga sengon berbentuk malai yang berukuran sekitar 0,5-1cm yang berwarna putih kekuning-kuning dan agak berbulu. Setiap bunganya terdiri dari bunga jantan dan bunga betina, dalam penyerbukannya dibantu oleh angin atau serangga.

Bunga Sengon

Bunga Sengon

  1. Buah Sengon

Buah sengon dengan bentuknya yang pipih dan lonjong, berwarna hijau dibagian tengah berwarna cokelat, dengan daya berkecambah rata-rata 80%. Berat 1000 butir 16-26 gram.

Biji Sengon

Biji Sengon

  1. Daun Pohon Sengon untuk Peternakan

Dalam peternakan, pakan merupakan kebutuhan penting yang perlu kita perhatikan dari genetiknya. Didalam dunia peternakan pakan dibutuhkan sekitar 60-70% dari total biaya produksi. Maka dari itu daun sengon juga dibutuhkan sebagai sumber pakan non konvensional. Namun perlu kita perhatikan meskipun daun sengon memiliki kadar protein yang tinggi, akan tetapi dalam penggunaanya memerlukan pengolahan, karena selain mengandung serat kasar tepung daun sengon juga mengandung tannin.

Dilihat dari fungsinya pohon sengon memang termasuk pohon yang serbaguna, mulai daun hingga akarnya semua memiliki fungsinya masing-masing yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dan jika anda menginginkan kayu sengon, kami menyediakan kayu sengon berkualitas berbagai ukuran baik grosir maupun eceran, untuk pemesanan silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Sengon, Pohon Sengon, Manfaat Sengon, Manfaat Kayu Sengon, Manfaat Daun Sengon, Manfaat Bunga Sengon, Manfaat Akar Sengon, Daun Sengon untuk Peternakan

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: