Mengenal 4 Macam Pohon Sengon

Mengenal 4 Macam Pohon Sengon

Tanaman sengon atau yang sering disebut dengan pohon sengon adalah jenis tanaman yang termasuk dalam anggota suku Fabaceae. Pohon yang merupakan penghasil kayu ini tersebar secara alami di China, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di negara Inggris pohon sengon dikenal dengan nama silk tree, sementara di negara Indonesia sengon dibeberapa daerah dikenal dengan Sengon didaerah Jawa dan  jeungjing didaerah Sunda. Dengan ciri khas daun yang menyirip yang mampu tumbuh disebaran iklim yang tropis dengan usia hidup yang cukup tinggi dengan akar yang menjulang kesamping dan kebelakang dengan besar antara akar dengan batang sama.

sengon buto

Seperti tumbuhan pada umumnya pohon sengon memiliki beberapa jenis.Dengan perbedaan baik secara fisik maupun non fisik atau keturunan, dengan ciri khasnya masing-masing

Ada berapa macam pohon sengon itu?

Berikut 4 macam pohon sengon

  1. Sengon Buto

Sengon buto atau sengon merah ini memiliki ciri khas pertumbuhannya yang paling cepat dibandingkan dengan sengon lainnya. Dibagian kulitnya bertekstur kasar yang berwarna coklat kemerah-merahan, sesuai dengan namanya sengon buto bentuk pohonnya besar. Namun sengon buto ini sifatnya mudah patah. Penyebaran alaminya didaerah tropis di Amerika dibagian utara, tengah dan selatan Mexico,  dapat tumbuh pada ketinggian 0-1000 m dpl dengan curah hujan 600-4800 mm/tahun. Tumbuh pada lapisan yang dalam, dapat hidup ditanah yang berpasir dan asin tetapi tidak dangkal, kuat terhadap cuaca yang dingin maupun terpaan angin. Seperti pohon sengon lainnya buah sengon buto berbentuk polong yang melingkar dengan garis tengah 7 dan 5 cm sehingga pangkal dan ujungnya menempel. Buah yang sudah tua akan berwarna coklat tua dalam satu buah berisi sekitar 13 benih dengan ukuran 1-2 cm diameter 0,8-1,3 cm berwarna coklat tua dan coklat muda ditengahnya.

Sengon Buto

Sengon Buto

  1. Sengon Solomon

Sengon Solomon termasuk jenis tanaman hutan yang banyak dibudidayakan oleh para petani karena pertumbuhannya cepat. Saat berumur 2 tahun diameter pohon sengon sudah mencapai 14 meter hal itu tentu berbeda dengan sengon lokal saat masih berusia 2 tahun, diameter pohon sengon lokal baru mencapai 7 meter. Sengon solomon juga tumbuh lebih tinggi, tidak begitu banyak memiliki cabang dan relatif lurus, dapat dipanen sekitar umur 5 tahun dengan lahan yang subur. Setelah berumur 5 tahun sengon solomon akan memiliki batang cabang bebas dengan kurang lebih 15-20m.

Karakteristik sengon solomon yaitu memiliki batang yang ketinggiannya mencapai 40m dengan diameter 100m. Memiliki akar tunggang yang kuat sampai menjulang ke tanah dengan serat kayu yang lurus, permukaan agak kecil, sedikit mengkilap dan lunak.

Sengon Solomon

Sengon Solomon

  1. Sengon Laut

Sengon laut termasuk jenis sengon yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dibeberapa tempat sengon laut memiliki sebutan yang berbeda seperti Sika atau Selawaku (Maluku), Albasiah (Jawa), Wahogon (Papua) dan Batai (Malaysia). Karena pada umumnya pohon sengon dimanfaatkan kayunya maka jenis kayu sengon laut ini mudah digergaji dan dapat dikeringan dengan waktu yang cukup cepat. Sengon laut menyebar di seluruh Jawa, Maluku dan Irian Jaya.

Sengon Laut

Sengon Laut

  1. Sengon Tekek

Bentuk, ukuran dan pertumbuhannya sengon tekek hampir sama dengan sengon laut. Hanya saja yang membedakan terletak pada bagian ujung batangnya yang berwarna coklat kemerah-merahan. Dalam pemanfaatannya sengon tekek banyak digunakan sebagai kayu bakar atau bahan dasar untuk pembuatan kertas atau triplek. Kayu sengon tekek mudah patah jika dibandingkan dengan sengon buto, batang cenderung berwarna merah.

Sengon Tekik

Sengon Tekik

Itulah beberapa macam pohon sengon, dari berbagai macam pohon sengon yang ada kita perlu mempelajarinya agar kita mampu membedakannya.

Dan jika anda menginginkan kayu sengon, kami menyediakan kayu sengon berkualitas berbagai ukuran baik grosir maupun eceran, untuk pemesanan silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait: Pohon Sengon, Tanaman Sengon, Mengenal Pohon Sengon, Macam-macam Pohon Sengon, Jual Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon, Harga Kayu Sengon, Harga Bibit Sengon

 

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: