Pohon Sengon

Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Berbudidaya Pohon Sengon dengan Sistem Tumpang Sari

Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Berbudidaya Pohon Sengon dengan Sistem Tumpang Sari

Berbudidaya pohon sengon memang pilihan banyak para petani di Indonesia, khususnya para petani pohon sengon. Sistem tumpang sari ini saat banyak diterapkan oleh para petani dalam berbudidaya sengon karena dirasa dalam jangka pendek mereka sudah dapat menikmati hasilnya.

Apa yang dimaksud dengan sistem tumpang sari?

Penanaman dengan sistem tumpang sari adalah suatu bentuk penamanan dengan dua atau lebih jenis tanaman pada satu lahan tanam baik dalam waktu bersamaan maupun tidak. Namun secara umum sistem tumpang sari dalam penanamannya dilakukan dalam waktu yang hampir bersamaan untuk 2 jenis tanaman yang budidayanya sama.

Salah satu budidaya yang cukup banyak memang jenis kayu-kayuan. Namun saat ini memang masih banyak mengalami kendala diantaranya, lahan yang terbatas. Lahan yang ada lebih banyak untuk dipilih sebagai lahan pertanian karena jenis pekerjaan ini adalah salah satu mata pencaharian yang utama. Maka dari itu dalam pembudidayaannya pohon sengon perlu dilakukan beberapa cara seperti penanaman menggunakan sistem tumpang yaitu dengan menggabungkan tanaman pertanian dengan tanaman kayu-kayuan jadi satu dalam suatu lahan.

Pemilihan jenis tanaman juga menentukan keberhasilan dalam penerapan sistem tumpang sari. Budidaya sengon menjadi pilihan yang cukup tepat, tanaman sengon dapat tumbuh pada ketinggian sekitar 400-700 mdpl, cocok ditanam pada derah daratan tinggi, dengan jenis daun yang kecil, sehingga untuk diterapkan sistem tumpang sari memang cukup tepat karena taman dibawahnya masih bisa mendapatkan sinar matahari. Tanaman seperti jagung, umbi-umbian, rumput, ketela pohon dan jenis empon.

Namun perlu kita ketahui dalam penerapan sistem tumpang sari jarak dalam penanaman perlu diatur, hal ini agar kebutuhan tanaman terpenuhi. Bila jarak antar tanaman terlalu dekat kemungkinan akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Dalam penanaman pohon sengon menggunakan sistem tumpang sari jarak tanaman memang perlu diperhatikan. Sebaiknya untuk jarak yang cukup baik yaitu sekitar 4×1 m, dan untuk jarak 2 m antara tanaman pokok dengan yang ditanami pohon sela. Sebaiknya untuk pola penanamannya bisa diterapkan dengan menggunakan arah larikan dari timur ke barat dengan maksud agar dapat terkena sinar matahari yang sesuai dengan arah matahari.

Ketinggian tanaman juga perlu diperhatikan. Untuk tanaman sela sebaiknya jangan melebihi ketinggian pohon sengon dan untuk penanamannya menunggu setelah pohon sengon berusia sekitar satu tahun agar tidak menghambat pertumbuhan sengon. Kebutuhan makanan seperti nutrisi juga mempengaruhi, maka dari itu pemberian pupuk perlu diberikan sejak lubang tanaman dibuat. Pembuatan lubang tanaman dilakukan sebelum pohon sengon ditanaman yaitu sekitar satu bulan. Dalam pemberian pupuk jumlah antara pupuk kompos dengan pupuk kimia seperti pupuk kompos sekitar 2 kg dan pupuk kimia sekitar 2 ons disetiap lubang tanaman. Untuk pemupukan lanjutan bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan.

Selain perawatan pokok, pohon sengon juga perlu dilakukan perwatan lainnya yaitu pemangkasan cabang dengan dilakukan secara rutin agar tidak terjadi pencabangan yang mengakibatkan terhambatnya sinar matahari yang masuk ke tanaman sela. Untuk penanaman susulan bisa dilakukan saat tanaman pokok sudah berusia sekitar 2 tahun. Pada saat usia tanaman pokok sekitar 3 tahun, segera dilakukan penebangan penjarangan hingga setengah dari populasi dengan tujuan untuk mengatur kerapatan agar sengon dapat tumbuh dengan optimal. Dalam pemilihan pohon yang akan ditebang bisa dengan menyeleksi pohon yang pertumbuhannya kurang baik maupun cacat pada batang. Untuk dapat menikmatinya tergantung jenis sengon yang akan ditanam.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berbudidaya pohon sengon dengan sistem tumpang sari, karena pada umumnya sistem tumpang sari ini juga sekaligus untuk menyambung kebutuhan sehari-hari. Maka jenis tanaman seperti bawang merah hanya dapat ditanam saat pohon sengon belum tinggi karena bawang merah membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak dan jangan menggabungkan dengan tanaman seperti singkong, jengkol dan berbagai jenis tanaman yang dapat tumbuh tinggi.

Pohon Sengon

Pohon Sengon

Dan jika anda menginginkan kayu sengon, kami menyediakan kayu sengon berkualitas berbagai ukuran baik grosir maupun eceran, untuk pemesanan silahkan hubungi kami di:

085 748 491242

Kata Terkait : Pohon Sengon, Kayu Sengon, Budidaya Sengon, Sistem Tumpang Sari, Budidaya Sengon dengan Sistem Tumpang Sari

 

Leave a comment